10 Shampoo / Obat Kutu Rambut Ampuh Untuk Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Menyusui

Salah satu masalah pada rambut yang sangat mengganggu adalah timbulnya kutu. Organisme kecil yang biasa disebut dengan kutu rambut ini bisa menjangkit area kepala ataupun menempel pada batang rambut. Telur kutu rambut umumnya bisa menetas dalam waktu 6-8 hari saja dan bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat, pada kulit kepala. Berikut ini daftar obat atau shampoo untuk kutu rambut yang terbukti ampuh untuk menghilangkan kutu rambut dan juga telur yang menempel.

Bila anda ingin cara yang paling aman untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya namun tidak merusak rambut, kami mempunyai solusi jitu untuk anda yaitu Sisir kutu rambut Nitwits.

 

Untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai sisir kutu di atas, silahkan hubungi nomer 082143712415

 

10 Obat / Shampoo Kutu Rambut yang Banyak Digunakan Saat Ini

Jika Anda terserang kutu rambut, maka Anda harus segera membasminya sebelum kutu rambut tersebut berkembang biak dan menyebabkan rasa gatal yang sangat parah. Dan bukan itu saja, jika tetap dibiarkan bisa jadi akan timbul infeksi (karena kulit kepala keseringan digaruk).

Nah, untuk itu, berikut kami pilihkan beberapa jenis obat kutu rambut yang terbukti bisa mengatasi masalah kutu rambut sampai ke akar-akarnya.

  1. Peditox

Rekomendasi kami yang pertama adalah Peditox. Obat Peditox ini memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, sebagai solusi kutu rambut. Sehingga tak heran jika peditox bisa dengan mudah Anda temukan di apotik, toko obat dan supermarket di sekitar Anda.

Peditox merupakan obat produksi PT. Combiphar dengan kandungan bahan aktif berupa Hexachlorocyclohexane 0,5{9af94c5087dbd78f538799b16222b9c3f36a4a13cc842d56ded0e2b64bc653bd}. Keampuhan obat ini untuk mengatasi kutu rambut sudah banyak diakui oleh masyarakat. Selain itu, cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Adapun cara pemakainnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama, siapkan obat Peditox, sarung tangan plastic, dan juga shower cap (penutup kepala dari plastik).
  • Kemudian keluarkan sedikit Peditox di telapak tangan Anda.
  • Usapkan Peditox ke bagian rambut mulai dari batang hingga ke ujungnya secara merata.
  • Kemudian tutup rambut dengan shower cap selama 12 jam.
  • Setelah itu Anda bisa keramas seperti biasa dengan menggunakan shampoo.
  • Anda bisa mengulang pengobatan dengan Peditox ini beberapa kali hinga kutu rambut benar-benar hilang.

Meskipun terkenal ampuh, namun ada beberapa efek samping yang harus Anda pahami dari penggunaan Peditox ini. Misalnya pada beberapa kasus, Peditox bisa menimbulkan sensasi rasa panas pada kulit kepala. Selain itu, obat ini juga tidak boleh sampai mengenai area mata. Obat inipun terkenal dengan baunya yang menyengat. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan masker saat mengaplikasikannya, terlebih untuk Anda yang tidak tahan dengan bau-bau menyengat.

 

Kutu rambut memang sangat menjengkelkan. Video di bawah ini bukti bahwa kutu rambut bisa menyerang siapa saja

 

  1. Tumoklin

Selanjutnya adalah Tumoklin. Obat Tumoklin ini diproduksi dari bahan-bahan herbal sehingga diklaim lebih aman digunakan pada area kepala. Tumoklin ini juga dikemas dalam botol spray untuk lebih memudahkan penggunanya.

Mengenai cara pakai Tumoklin, berikut step by stepnya :

  • Pertama-tama, semprotkan Tumoklin pada bagian batang rambut dengan hati-hati. Usahakan Anda menyemprotkan Tumoklin secara merata agar semua kutu rambut beserta telur-telurnya mati.
  • Kemudian diamkan beberapa saat agar Tumoklin bekerja.
  • Setelah itu, Anda bisa keramas seperti biasa.

Karena menggunakan bahan-bahan herbal, maka Tumoklin ini tidak memiliki bau yang terlalu menyengat. Anda bisa mendapatkan produk Tumoklin ini di tempat kami serta apotik di sekitar tempat Anda dengan harga yang murah.

  1. Shampoo Kutu Anti Lice

Produk berikutnya yang juga banyak digunakan untuk mengatasi kutu rambut adalah Shampoo Kutu Anti Lice. Shampoo ini memiliki kemasan box karton dengan gambar anak-anak, dengan background warna biru-putih. Seperti gambar yang tertera pada box karton tersebut, Anti Lice Shampoo aman untuk anak-anak..

Perlu diketahui, banyak produk obat pembasmi kutu rambut yang nyatanya mengandung zat Lindane. Bahan aktif ini merupakan campuran antara pestisida dan racun saraf yang berbahaya jika digunakan sebagai campuran obat, dan digunakan dalam jangka panjang. Karena diyakini bisa mengakibatkan kerusakan hati, ginjal, dan menyebabkan kanker.

Dan untuk Anti Lice Shampoo sendiri, dijamin tidak mengandung zat berbahaya Lindane ini, sehingga lebih aman dibandingkan dengan produk lainnya. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga sekitar 50 ribu rupiah di tempat kami. Cara pakai produk inipun cukup mudah yaitu :

  • Basahi rambut seperti keramas biasa.
  • Kemudian usapkan Anti Lice Shampoo hingga merata ke seluruh rambut.
  • Tutup dengan shower cap sekitar 15 menit.
  • Kemudian bilas rambut hingga bersih.
  1. Obat Anti Kutu Mutiara

Seperti namanya, Obat Anti Kutu Mutiara ini merupakan produk asli dari Indonesia. Obat pembasmi kutu ini dibuat dari bahan-bahan herbal yang lebih aman daripada pestisida dan insektisida. Obat Anti Kutu Mutiara dikemas dengan menggunakan plastik sachet putih dengan tulisan cap produk berwarna merah.

Cara pakai obat ini cukup mudah yaitu :

  • Anda bisa mencampurkan Obat Anti Kutu Mutiara yang berbentuk seperti kaplet bundar dengan minyak kelapa atau olive oil. Larutkan hingga merata.
  • Kemudian balurkan ke bagian-bagian rambut secara merata.
  • Dianjurka digunakan pada malam hari sebelum tidur dan didiamkan dengan shower cap hingga keesokan paginya.
  • Setelah itu, Anda bisa keramas seperti biasa.
  • Obat ini dianjurkan untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga agar kutu rambut bisa terbasmi tuntas.
  1. Tumbonan

Obat pembasi kutu rambut berikutnya yang berbahan herbal adalah Tumbonan. Obat ini memiliki kandungan aktif dari daun dan kulit batang tumbuhan Pipturus incanus. Tumbuhan tersebut mengandung senyawa sapinin, tanin, dan flavonoid yang dipercaya bisa membunuh kutu rambut.

Tumbonan ini berbentuk spray dengan botol ukuran 25 cc. Tumbonan diklaim aman digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa, tidak menyebabkan iritasi di kulit kepala, membunuh kutu rambut beserta telurnya, menghilangkan ketombe, dan menghilangkan gatal-gatal akibat bakteri ataupun keringat. Harga 1 botol Tumbonan ini murah dan bisa Anda beli di tempat kami.

Cara pakai Tumbonan ini sangat mudah dan praktis yaitu :

  • Pertama, semprotkan Tumbonan ke bagian akar dan batang rambut hingga merata.
  • Kemudian segera tutup rambut dengan shower cap selama 30 menit.
  • Setelah itu segera bilas rambut dengan shampoo agar tidak kaku.

Untuk sekali pemakaian pada rambut yang panjang, disarankan menggunakan 2 botol Tumbonan langsung karena biasanya untuk pertama kali pengobatan, kutu masih cukup kebal dengan bahan kimia dari luar. Selanjutnya, Anda bisa mengulangi pengobatan dengan dosis 1 botol untuk 2-3 kali pemakaian.

  1. Ketomed

Obat pembasi kutu rambut Ketomed ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotik terdekat. Ketomed terdiri dari 2 jenis yaitu Ketomed Shampoo dan Ketomed Gel.

Ketomed Shampoo

Ketomed Shampoo adalah obat yang tergolong dalam anti parasit topical. Shampoo ini mengandung bahan aktif Ketoconazole yang mampu mengatasi masalah seperti dermatitis seboroik, kutu rambut, dan juga ketombe. Ketomed Shampoo ini merupaka produk dari SDM Lab.

Anda bisa membeli produk Ketomed Shampoo ini dengan harga sekitar 53 ribu rupiah perbotol berukuran 60 ml. Cara menggunakan Ketomed ini seperti shampoo pada umumnya yaitu :

  • Pertama-tama basahi rambut.
  • Kemudian usapkan Ketomed Shampoo dan biarkan selama 3-5 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih.
  • Gunakan shampoo ini antara 2-3 kali seminggu dan jangan sampai penggunaannya lebih dari 4 minggu berturut-turut.

Ketomed Shampoo ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti iritasi, gatal, ataupun terjadi pengelupasan kulit kepala ringan. Saat menggunakan ketomed disarankan untuk menghindari kontak produk ini dengan mata.

Ketomed Gel

Produk ini merupakan pelengkap dari Ketomed Shampoo. Produk ini digunakan untuk lebih memaksimalkan pembasmian kutu rambut beserta telurnya. Anda bisa membeli Ketomed Gel di apotik terdekat dengan harga sekitar 35 ribu rupiah pertube ukuran 15 gram.

Sama dengan varian shampoonya, Ketomed Gel juga mengandung bahan aktif Ketoconazole . Cara penggunaannya yaitu :

  • Anda bisa menggunakan Ketomed Gel ini setelah keramas dengan Ketomed Shampoo. Oleskan di bagian batang rambut.
  • Anda juga bisa mengoleskan Ketomed Gel sebelum tidur dan dosis maksimalnya 2 kali sehari.
  1. Nizoral

Produk Nizoral ini terdiri dari 2 varian yaitu shampoo dan juga cream. Dua varian ini sebaiknya Anda gunakan bersamaan untuk pembasmian kutu rambut yang lebih efektif. Produk Nizoral ini bisa dengan mudah ditemukan di apotek. Nizoral Shampoo dan juga Gel merupakan produk dari Janssen

Nizoral Shampoo

Nizoral Shampoo menggunakan bahan aktif Ketoconazole dan dijual dengan harga sekitar 85 ribu rupiah perbotol ukuran 80 ml. Sedangkan Nizoral mengandung bahan aktif Ketoconazole dengan harga sekitar 155 ribu rupiah perbotolnya.

Nizoral Shampoo ini merupakan obat anti parasit topical yang hanya bisa digunakan pada bagian luar tubuh. Indikasi obat ini untuk membasmi kutu rambut, terapi ptiriasis versikolor, dermatitis seboroik, serta ptiriasis kapitis. Cara penggunaannya sebagai berikut :

  • Basahi rambut dengan air, kemudian usapkan Nizoral Shampo pada seluruh bagian rambut hingga merata.
  • Biarkan selama 3-5 menit kemudian bilas hingga bersih.

Shampoo ini disarankan dipakai 2-3 kali seminggu dan tidak boleh digunakan melebihi jangka waktu 4 minggu berturut-turut. Efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan produk ini adalah iritasi ringan pada kulit kepala.

Nizoral Cream

Untuk mengoptimalkan kerja Nizoral Shampoo, sebaiknya Anda mengimbanginya dengan menggunakan Nizoral Cream. Produk ini berupa cream yang dijual dalam kemasan tube berukuran 5 gram dengan harga sekitar 47 ribu rupiah dan ukuran 15 gram dengan harga sekitar 115 ribu rupiah.

Nizoral Cream ini mengandung bahan aktif 20 gram Ketoconazole per 1 gram krimnya. Obat ini diproduksi oleh PT. Thaiso Pharmaceutical Indonesia. Nizoral Cream disarankan digunakan setelah keramas menggunakan Nizoral Shampoo. Gunakan secukupnya pada bagian batang rambut secara merata. Efek samping yang mungkin muncul adalah iritasi ringan dan rasa panas ringan di kulit kepala.

  1. Permethrin

Sebenarnya Permethrin adalah obat yang dikhususkan untuk mengobati penyakit kulit kudis. Namun, ternyata Permethrin ini juga ampuh digunakan sebagai obat pemasmi kutu rambut.

Obat ini dikemas dalam bentuk tube berukuran 30 gram dengan kandungan bahan aktif Permethrin . Obat ini termasuk dalam golongan antiparasit dan bisa dibeli dengan resep dokter. Harga Permethrin sendiri sekitar 53 ribu rupiah.

Cara penggunaan obat ini cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan Permethrin di bagian pangkal rambut saat akan tidur di malam hari. Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan semalaman. Kemudian bilaslah dengan air bersih dan shampoo di pagi harinya.

Permethrin ini memiliki efek samping seperti rasa terbakar, iritasi, perih, kemerahan pada kulit kepala, dan ruam di sekitar area pemakaian. Permethrin juga disarankan hanya digunakan sekali saja, dan baru bisa diulang 1 minggu kemudian. Ada beberapa golongan yang dianjurkan untuk tidak menggunakan Permethrin, yaitu :

  • Bayi dan anak-anak di bawah usia 2 tahun.
  • Wanita hamil atau sedang menyusui.
  • Orang yang mengidap asma dan penyakit kulit seperti eksim.
  1. Kutu Out (KO)

Produk berikutnya adalah Kutu Out (KO) yang bisa Anda temukan di berbagai apotik ataupun bisa didapatkan dengan menghubungi kami. Harganya sendiri sekitar 25 ribu rupiah untuk kemasan spray berukuran 20 ml. Kutu Out adalah obat pembasmi kutu rambut yang terbuat dari bahan-bahan herbal dan aman digunakan pada anak-anak hingga dewasa. Meskipun begitu, penggunaan pada anak-anak harus tetap dengan pengawasan orang tua.

Kutu Out ini diklaim ampuh mengatasi kutu rambut beserta telur-telurnya dan menjamin kutu rambut tidak kembali lagi. Cara menggunakan Kutu Out (KO) sebagai berikut :

  • Bersihkan kulit kepala terlebih dahulu (bisa menggunakan sisir).
  • Kemudian semprotkan Kutu Out di bagian batang hingga ujung rambut secara merata.
  • Pijat lembut rambut Anda dan kemudian tutup dengan shower cap selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Bilas rambut dengan bersih menggunakan shampoo.

Saat menggunakan Kutu Out ini disarankan untuk menghindarkannya dari dari area mata. Selain itu, efek samping yang mungkin muncula adalah pengelupasan ringan pada kulit kepala.

  1. Neutralice Advance Lotion

Obat pembasmi kutu rambut yang terakhir adalah Neutralice Advance Lotion. Obat ini bisa Anda beli dengan harga 400 ribu rupiah untuk botol berukuran 475 ml. Memang harganya cukup mahal dibanding obat-obat sebelumnya. Namun, obat ini dijamin sangat aman, bahkan untuk digunakan pada bayi berusia 6 bulan. Karena obat ini diklaim bebas dari zat pestisida berbahaya.

Nah, untuk cara pemakaian Neutralice Advance ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama usapkan Neutralice Advance ke bagian-bagian rambut hingga merata dari pangkal hingga ke ujungnya.
  • Lakukan pijatan ringan dari kulit kepala hingga ujung rambut dan kemudian diamkan selama 10 menit.
  • Kemudian bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan shampoo.
  • Ulangi langkah ini setelah 7 dan 14 hari kemudian untuk memastikan telur kutu rambut benar-benar mati.

Kelebihan dari obat ini adalah aman digunakan oleh anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui. Selain itu, obat ini tidak berbau menyengat serta tidak membuat rambut rontok.

Bila anda ingin menghilangkan kutu dengan cara yang lebih aman tanpa obat kimia, maka anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sisir kutu rambut yang jelas aman dan tanpa efek samping

Itulah diatas 10 obat kutu rambut yang ampuh dan aman digunakan. Jika ada indikasi salah satu anggota keluarga Anda terjangkit kutu rambut, maka sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan dengan salah satu dari beberapa merk obat diatas. Karena jika tidak diobati, maka sangat mungkin seluruh anggota keluarga di rumah ikut tertular.

4.4 (87.22%) 36 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *